Pelatihan Entrepeneur Bagi Lapisan Masyarakat

JAKARTA : Pelatihan entrepreneur kini tidak lagi terbatas bagi kalangan akademisi, tapi sudah merambah ke berbagai lapisan masyarakat.

Kali ini tokoh entrepreneurship Indonesia, Ciputra mengharapkan para tenaga kerja Indonesia (TKI) diberikan pendidikan entrepreneurship sebelum berangkat di luar negeri. Dengan pendidikan itu, para TKI ketika pulang ke Tanah Air bisa memanfaatkan ilmu yang diserap di luar negeri untuk menjadi pengusaha.

Selain itu, para transmigran juga diberikan pelatihan entrepreneurship. “Saya mengusulkan balai latihan kerja diubah jadi entrepreneurship center yang melatih tenaga kerja agar sebagai entrepreneur,” seru Ciputra.

Puluhan peserta dari berbagai daerah menghadiri acara dialog kewirausahaan dengan Ciputra di Hotel Bidakara hari ini. Sudarma, misalnya, salah satu peserta berasal dari Kuala Kapuas, Kalteng dengan bersemangat bertanya mengapa entrepreneurs sulit ditularkan meskipun sudah diajarkan.

Bahkan bagi warga transmigran yang ada di pedesaan justru setelah pertaniannya menghasilkan malah memilih migrasi ke kota untuk mencari pekerjaa sehingga lahan menganggur masih banyak mencapai jutaan hektare.

Dia mengakui masih minimnya kesadaran untuk menjadi wirausaha bagi keluarga transmigran. Ketua Perhimpunan Transmigran, Mahadi Utomo juga mempertanyakan bagaimana membuat strategi konsep desa agar menjadi unggulan dan mengolah lahan tidur agar menjadi berguna bagi keluarga transmigrasi.

Ciputra mengatakan entrepreneurs sulit ditularkan karena belum membudaya di masyarakat, terutama bagi keluarga transmigrasi yang hanya mendapat bekal lahan dan bibit pertanian lalu menjual produksi hasil panen. Selama menjadi transmigrasi keluarga trans hanya dibimbing cara bertani hingga menghasilkan. (sumber : bisnis.com)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s