Nggowes Keliling Jogja Lewat Ringroad

Image

Kamis, 22 November 2012. Baru selesai solat subuh jam 4.30. Tiba-tiba kepikiran buat nggowes. Ide buat keliling Jogja muter lewat ringroad pun muncul. Ya sebenarnya ide ini sudah lama ada di otak, tapi belum sempat terlaksana karena alasan ini itu. Jam 4.50 aku pun memulai penjelajahan ini.

Jam 5.00 pagi, rute dimulai dari kost (Tambakbayan 15, Babarsari, Yogyakarta) ke arah selatan melewati Universitas Atmajaya. Pagi itu masih cukup sepi, tetapi pagi itu sudah cukup cerah dan panas. Maka mulailah saya menggenjot. 

Melewati Mirota Kampus Babarsari, ke arah ringroad timur. Di pertigaan Maguwo (setelah Hotel Santika) saya belok kiri. Melewati kantor perwakilan Pupuk Sriwijaya, kantor perwakilan PT Adhi Karya dan terus ke utara sampai ke Lotte Mart Maguwo. Lalu perjalanan mengarah ke Casa Grande dan lurus sampai ke UPN. Sesampainya di UPN saya melihat jam dan ternyata baru pukul 05.18. Wah lumayan cepat juga nie, 18 menit sudah sampai UPN. Hehehe..

Perjalanan diteruskan ke arah barat melewati ringroad utara ke arah perempatan Gejayan, dan ke barat lagi ke perempatan Kentungan (Jalan Kaliurang). Sambil menunggu lampu lalu lintas menyala hijau saya minum dulu di perempatan. Slurppp… Segarnya. Lalu berlanjutlah perjalanan saya menuju perempatan jalan Monjali. Dari monjali lalu ke barat lagi ke perempatan jalan Magelang. Di perempatan jalan Magelang sedang ada pembangunan jalan layang. Jadi disana lalu lintas cukup padat merayap. 

Perjalanan pun berlanjut ke ringroad barat melalu perempatan jalan Godean, jembatan layang kereta api, dan sampailah di pertigaan ringroad Gamping. Saya masih lurus menuju ke UMY, dan masih lurus sampai ke ringroad selatan. Sesaat setelah melewati perempatan ringroad jalan  Parangtritis, tragedi terjadi. Saya melihat dari jauh rombongan anak kecil dan ibu-ibu mau menyeberang ringroad di ruas lambat (ruas motor). Saya masih santai waktu ternyata mereka berhenti di pembatas jalan antara jalur motor dan jalur mobil. Ehh..waktu saya mendekat tiba-tiba ada 1 anak kecil yang berlari dan akhirnya saya menabrak anak kecil tadi. Saya langsung berhenti dan menanyakan keadaan anak kecil tadi. Alhamdulillah si anak tadi tidak apa-apa. Saya sudah ketakutan kalau anak tadi sampai luka-luka. Saya minta maaf pada si Ibu dan si anak kecil tadi. Alhamdulillah si Ibu mengerti dan legalah saya😀

Saya melanjutkan perjalanan dan semakin waspada, takut kalau menabrak orang lagi. Meskipun saya cuma naik sepeda rasanya takut juga kalau menabrak orang. Takut melukai si korban. Perjalanan semakin berlanjut melewati perempatan Giwangan, perempatan Kotagede, perempatan jalan Wonosari dan sampailah ke perempatan Blok O. Badan rasanya capek sekali. Waktu saya lihat jam, tidak terasa sudah 2 jam saya mengontel sepeda fixie ini. Kaki dan tangan terasa pegal. Kaki untuk menggenjot dan tangan untuk menahan beban tubuh ke stang. Saya tidak menyerah dan terus menggenjot sampai jalan layang Janti dan terus sampai pulang lagi ke kost. Alhamdulillah, akhirnya misi mengelilingi Jogja lewat ringroad sudah terlewati dalam waktu 2 jam 10 menit.

Bagi teman-teman yang terbiasa nggowes jarak jauh mungkin ini hal kecil. Tapi bagi saya ini adalah hal besar. Berhasil mengelilingi ringroad, hehehe.. Target selanjutnya adalah naik ke Kaliurang dan ke Pantai Parangtritis. Hemm.. Semoga saja kuat. Itung-itung pemanasan buat persiapan gowes Jogja – Purwokerto di tahun 2013. Doakan ya teman-teman.

2 Comments

Filed under Cerita Pribadi

2 responses to “Nggowes Keliling Jogja Lewat Ringroad

  1. Jadi, itu totalnya berapa km?😀

  2. Kurang lebih 45 kilometer mba. Jaraknya 2 jam. Mau nyoba?😀

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s