7 Langkah Membuat Marketing Mix

Marketing Mix

Marketing Mix

Barusan habis sharing-sharing bareng dengan temen-temen SRUDUKFOLLOW Mataram. Setelah kegiatan rutin belajar bahasa Jepang selesai, kami mengadakan sharing. Bahasan kali ini adalah tentang 7 langkah marketing mix. Apa itu? Mari kita simak😀

Dalam suatu usaha atau bisnis, pelanggan adalah nomor wahid. Karena dari pelangganlah usaha kita akan mendapat pemasukan yang nantinya akan menghidupkan roda laju perusahaan. Dalam menggaet pelanggan, ada bermacam-macam cara. Salah satunya adalah 7 macam Marketing Mix ini. Karena sifatnya yang mix, artinya langkah ini harus dikerjakan secara menyeluruh dan simultan.

  1. Tentukan target pasar
    Dalam menentukan target pasar, tujuan pasar kita harus jelas. Berapa target yang ingin digaet, berapa waktu yang dibutuhkan. Dan semua itu harus ditulis. Kenapa harus ditulis? Tujuannya tidak lain adalah agar supaya cepat terwujud. Bukannya mau musyrik, namun orang-orang yang menulis impiannya memiliki semangat yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak pernah menulis mimpi-mimpinya, sehingga cepat terwujud.
    Analisa SWOT
  2. Pahami kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada. Kekuatan dan kelemahan merupakan faktor internal, kesempatan dan ancaman adalah faktor eksternal. Pahami dan lakukan.
  3. Tentukan segmen pasar
    Dalam menentukan segmen pasar, kita harus tahu area penjualan kita dimana, lifestyle/gaya hidup target pasar kita seperti apa, dan kemampuan ekonomi pasar. Jangan pernah keluar dari segmen pasar yang sudah kita bidik dari awal. Sekali kita melakukan pengalihan, kita butuh energi lebih banyak untuk menjalankan ulang.
  4. Buat marketing mix
    Membuat marketing mix mengenai 4 P (Product, Price, Place, Promotion)
    Product. Produk kita harus jelas bobot, bibit, bebetnya. Produk apa yang dijual? Apakah produk kita dibutuhkan pasar? Semua harus kit kuasai.
    Price. Harga dari produk kita harus jelas. Survey harga mutlak harus dilakukan agar kita bisa mengetahui gambaran berapa harga yang kira-kira menguntungkan. Saat pertama launching bisa juga dilakukan pemberian harga promo, dan diskon ketika usaha sudah berjalan.
    Place. Area mana saja yang mau dipengaruhi dengan produk kita.
    Promotion. Promosi secara offline (mulut ke mulut), melalui iklan, kartu nama, sosial media mutlak dilakukan untuk menarik pelanggan.
  5. Persiapkan penjualan
    Dalam mempersiapkan penjualan, target penjualan dan daftar calon pembeli harus kita list agar gambaran pendapatan bisa didapatkan.
  6. Persiapkan anggaran
    Setelah semua siap, siapkan anggaran yang dibutuhkan dalam usaha kita. Anggaran tidak harus muluk-muluk, yang penting powerfull dan worthy.
  7. Monitoring dan evaluasi
    Ketika usaha sudah berjalan, monitoring dan evaluasi perlu dilakukan untuk mengadakan perbaikan/revisi terhadap langkah-langkah yang dianggap masih membutuhkan pembenahan.

Itulah ke-7 langkah marketing mix. Semoga bermanfaat tweeps. Kalau ada yang ditambahi atau dikurangi bisa dihubungi via message di blog ini ya😀

Leave a comment

Filed under Bisnis

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s