Akademik atau Bisnis, Itu Pilihanmu, Itu Hidupmu!

Skripsi atau bisnis, itu adalah pilihan. Fokus menyelesaikan study dan membahagiakan orang tua lalu menganggur setelahnya (minim 2 bulan waktu tunggu kerja), ataukah fokus pada bisnismu dan membangun jaringan di sana-sini, itu adalah pilihan. Memang si, beberapa ada yang mampu menyelesaikannya bersamaan, namun sedikit sekali. Mungkin saja itu kamu😀

Sisi positif bila kita menyelesaikan skripsi terlebih dahulu, adalah kita bisa memenuhi tanggung jawab pada orang tua. Ada benarnya juga, namun apalah artinya bila lulus cepat, tapi akhirnya menganggur. Tanggung jawab pada orang tua menjadi lebih besar. Tanggung jawab untuk lekas bekerja.

Ada pula mereka yang fokus pada bisnis, mengembangkan sayap usaha. Sisi positifnya, mereka mendapatkan banyak relasi. Bukan hanya relasi dari sesama pengusaha namun juga relasi dari berbagai macam profesi. Sisi negatifnya, tanggung jawab pada orang tua menjadi kurang diperhatikan. Banyak tetangga juga yang bertanya, “Kapan lulus?, Kok lama lulusnya?”, dan bla bla bla. Tekanan makin besar.

Kita yang memilih pilihan kita sendiri, lalu pilihan itulah yang akan membentuk kita di masa depan.

Seperti koin, selalu ada 2 sisi. Skripsi atau bisnis. masing-masing memiliki sisi positif dan negatif. Pilihan yang kita ambil tentu itulah yang akan membentuk karakter kita di masa depan. Jangan pernah menyalahkan keadaan, karena keadaan yang ada sekarang adalah hasil dari pilihanmu di masa lalu.

Masa lalu tidak bisa kita rubah, masa depan masih menjadi misteri. Yang mampu kita kendalikan adalah hari ini. Mereka yang mampu mengendalikan hari ini akan memiliki peluang lebih besar untuk mengendalikan masa depannya.

Leave a comment

Filed under Cerita Pribadi

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s