Angkringan Galau

Angkringan Galau. Tempat berkumpulnya 11 orang anak muda. Dengan berbagai latar belakang, beragam karakter. Sungguh mereka berbeda, namun mimpi mereka satu, “Menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama”.

Angkringan Galau tempat mereka menyambut siapapun yang datang, pun mereka yang pergi. Boleh dibilang tempat ini bukan tempat yang mewah. Angkringan galau berbentuk bangunan Joglo. Kadang disebut juga pendopo. Joglo sendiri adalah rumah adat orang Jawa. Joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

Angkringan Galau tidak mempunyai dinding atau terbuka, hal ini berkaitan dengan filosofi orang Jawa yang selalu bersikap ramah, terbuka dan tidak memilih dalam hal menerima tamu. Tempat ini juga tidak diberi kursi, hanya diberi tikar dan meja kecil apabila ada tamu yang datang dan ingin makan. Ini mengartikan bahwa antara tamu dan yang punya rumah mempunyai kesetaraan dan juga dalam hal pembicaraan atau ngobrol terasa akrab rukun (rukun agawe santosa).

Di Anggal (disingkat), mereka semua belajar. Ada yang belajar materi kuliah, karena masih ada yang anak kuliahan, ada juga yang belajar usaha, karena mereka berwirausaha. Lebih utamanya mereka belajar tentang kehidupan. Belajar menjadi manusia seutuhnya, belajar menjadi manusia yang benar.

Galau berarti God Always Listening And Understanding. Tuhan selalu mendengar dan mengerti. Mereka semua percaya, bahwa pertemuan mereka di Anggal memang sudah ditakdirkan. Ada banyak kisah disini. All of them based on true story.

Leave a comment

Filed under Cerpen

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s