Bangun Networking, Wujudkan Mimpi

Monthly Meeting Young On Top Yogyakarta 30 Maret 2013

Monthly Meeting Young On Top Yogyakarta 30 Maret 2013 w/ Bunga Mega

Membangun networking dan memujudkan mimpi adalah 2 hal yang sangat berhubungan erat. Dalam usaha mewujudkan mimpi diperlukan networking yang luas. Hal ini penting karena mewujudkan impian tidak serta merta atas usaha sendiri, namun juga atas bantuan sahabat, rekan kerja, bahkan musuh kita. Jaringan yang luas membuat kita belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Membangun networking bukanlah ajang untuk memanfaatkan satu sama lain. Networking adalah kesempatan untuk saling mengetahui apakah value yang kita bawa sesuai atau tidak dengan orang yang kita kenal. Networking adalah tempat untuk saling belajar dan tidak saling memanfaatkan. Tujuannya adalah saling berkontribusi dan saling bersinergi mewujudkan tujuan bersama.

Membangun networking prosesnya seperti mendapatkan pacar/pasangan. Yaitu membutuhkan proses kenalan, saling mengenal lebih mendalam, saling mengetahui value yang dibawa, dan nantinya apakah akan dilanjutkan ke dalam proses yang lebih jauh atau tidak. Begitu juga dengan networking, berkenalan dengan orang, saling mengenal lebih jauh dan selanjutnya memutuskan akankah bekerjasama atau tidak.

Networking penting untuk membangun reputasi. Dengan reputasi inilah nantinya akan menjadi modal dalam sebuah rekomendasi. Dengan kita ber-networking, berkomunitas, bekerjasama dalam sebuahproject dan sebagainya, maka reputasi kita akan dibentuk. Reputasi yang baik tentu akan melahirkan sebuah rekomendasi yang baik, begitu pula sebaliknya. Orang yang sudah dikenal dapat bekerja dengan baik maka untuk pekerjaan selanjutnya ia akan direkomendasikan. Berbeda dengan orang yang pekerjaannya jelek, maka biasanya di kegiatan selanjutnya ia tidak akan direkomendasikan. Inilah yang dinamakan hukum sebab akibat, pekerjaan yang kita lakukan hari ini, baik atau buruk, akan berakibat pada masa depan kita.

Dalam suatu komunitas atau dalam ber-networking penting untuk diketahui niat dan tujuan utamanya apa. Apabila hanya untuk seru-seruan, untuk kelihatan keren, maka lama-kelamaan kita akan merasa bosan dan capek. Dalam sebuah network, tekanan itu biasa. Apabila niat awalnya sudah jelas yaitu untuk berkontribusi maka tekanan ini akan dianggap sebagai hal yang lumrah. Berbeda apabila niatnya hanya untuk seru-seruan, maka lama-lama akan lelah karena banyak tuntutan dari kanan kiri.

Network yang baik atau yang buruk semua tergantung dari kita. Lihat lagi ke dalam diri, value kita seperti apa. Apakah kita seorang yang bersemangat, pekerja keras, berkomitmen, punya visi jauh ke depan maka orang yang akan datang ke kita adalah orang yang seperti itu. Beda apabila value yang kita punya adalah hal-hal yang biasa, maka bisa dipastikan orang yang datang ke kita adalah orang yang ber-value sama.

Networking berhubungan erat dengan cara kita memilih teman. Teman adalah lift, bisa membawa kita naik bisa membawa kita turun. Maka penting bagi kita untuk men-list mana saja dari mereka yang berhak menjadi sahabat dekat kita. Yaitu mereka yang mampu membawa kita terus naik menuju impian kita. Untuk teman yang membawa kita turun maka perlakukan sewajarnya saja, jangan sampai ia merongrong impian kita. Jangan sampai takut kehilangan teman, tapi lebih takutlah apabila kehilangan impian. Teman bisa datang dan pergi, namun impian tidak boleh pergi.

Seseorang besar dalam sebuah lingkungan. Dimana ia tumbuh disitulah ia dibentuk, dari bentuk itu ia menjadi sebuah karakter. Dari karakter akan membentuk value. Maka kita harus benar-benar tahu di lingkungan seperti apa kita tumbuh, karena lingkungan inilah yang membentuk kita seperti sekarang. Membangun network itu penting, namun selektif dalam memilih teman itu jauh lebih penting.

Seperti apa kita di masa depan sangat bergantung pada dengan siapa kita bergaul di masa sekarang.

*Dirangkum dari hasil Monthly Meeting YOT Yogyakarta with Bunga Mega pada hari Sabtu, 30 Maret 2013

1 Comment

Filed under Quotes

One response to “Bangun Networking, Wujudkan Mimpi

  1. Pingback: Pentingnya Membangun Jaringan Pertemanan | Young On Top Yogyakarta

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s