Everyone is Learning by Doing Person

Belajar dan belajar. Belajar selamanya. Dari sejak dari ayunan sampai liang kubur. Karena belajar wajib hukumnya bagi umat muslim.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dari lahir sampai nanti mati manusia selalu dalam proses belajar. Ketika bayi ia akan belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan akhirnya berlari. Ketika balita ia akan mulai belajar bersepeda, bertanya banyak hal kepada orang tuanya, hingga akhirnya ia akan masuk SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, berkarir, berkeluarga, dan menjadi bagian dari masyarakat. Di kehidupan bermasyarakat pun manusia akan selalu belajar. Terutama belajar bagaimana menyelesaikan masalah. Terkadang masalah yang sama membutuhkan solusi yang berbeda karena lingkungannya pun berbeda.

Dalam setiap perjalanan hidupnya manusia senantiasa belajar. Yang paling sering dilakukan adalah belajar dari pengalaman. Ya, pengalaman masa lalu dijadikan pelajaran agar kejadian buruk jangan sampai terulang kembali di masa depan. Pentingnya belajar sudah banyak dibahas, terutama dalam hadist. Diantaranya:

  1. Tuntutlah ilmu itu sejak dari buaian sampai masuk liang lahat (mati). (HR. Muslim)
  2. Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim. (HR. Ibnu Majah)
  3. Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR Muslim)
  4. Dan berbagai hadist lainnya.

Learning by doing memiliki arti belajar sambil bekerja, alias sambil bekerja ya juga sambil belajar. Kata ini memiliki konsep bahwa kita tidak perlu belajar teori terlebih dahulu untuk melakukan suatu praktek. Tetapi sambil action maka sambil belajar. Sebagai contoh, misalnya kita mau berwirausaha, jualan peyek gitu. Kita tidak harus membaca buku Philip Kotler sampai jilid 3 (terbaru). Atau membaca literatur yang lain. Kita cukup bikin peyeknya terus jualan. Entah nanti bakal ditolak oleh calon pembeli, peyeknya remuk di jalan, atau mlempem waktu dijual, itu dipikirin entar. Yang penting jualan dulu, action dulu. Its a learning by doing on the simple case.

Learning by doing penting untuk dilakukan. Meski pada keadaan tertentu menuntut kita untuk belajar secara teoritis terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal (misal: ujian).

Learning by doing person adalah mereka yang senantiasa mengambil pelajaran dari masa lalu, mereka yang sambil melakukan sesuatu sekaligus mempelajarinya, mengukir ke dalam otaknya, dan menjadikannya bekal di masa depan. Jadi, apakah kamu termasuk jenis orang tersebut?

Leave a comment

Filed under Quotes

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s