Seberapa Penting Nilai di Ijazah Kita?

Setelah lulus kuliah, atau lulus SMK/SMA, engkau mau kemana kawan?

“Pak, mengapa guru di sekolah menuntut nilai kita harus tinggi? Mengapa orangtua selalu menuntut nilai kita harus tinggi. Dan mengapa masyarakat beranggapan bahwa nilai tinggi identik dengan jaminan keberhasilan?”

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul di benak saya. Atau bahkan di benak pembaca blog saya. Akhir-akhir ini, selama setahun terakhir, pertanyaan ini semakin deras saja mengalir di otak saya. Ada sebuah tulisan, Pak Adi penulisnya, tapi saya lupa nama lengkapnya. Dia menjawab seperti ini.

“Selama ini kita terkotak pada satu pemikiran yang keliru. Zaman telah berubah namun pola pikir dan paradigma kita sama sekali tidak berubah. Dulu di era agraria, sekolah diliburkan selama musim panas. Tujuannya sebenarnya untuk memberikan kesempatan kepada anak didik agar bisa membantu orangtua mereka bekerja di ladang. Dari era agraria kita masuk ke era industri. Pada zaman ini, orang kaya hanya beberapa gelintir saja. Mereka ini mempunyai usaha dan pabrik besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak. Untuk bisa mendapat pekerjaan di pabrik ini, yang dilihat adalah nilai di sekolah. Nilai di ijazah adalah cara yang paling mudah untuk melihat kemampuan orang. Tentu saja semakin tinggi nilainya akan semakin mudah diterima, dan semakin mudah untuk dipromosikan di suatu perusahaan”.

“Dari era industri kita masuk ke era informasi atau era digital. Seperti sekarang. Setiap era tentu mempunyai konsekuensi yang berbeda. Di era ini ada begitu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan bila kita jeli. Pada era ini, dengan begitu banyaknya kesempatan, maka nilai bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang”.

“Alasan mengapa guru, orangtua, dan masyarakat menuntut nilai yang tinggi adalah karena mereka masih beroperasi dengan pola pikir era industri”.

Pak Adi (penulis) menulis seperti itu bukannya mengatakan sekolah itu tidak penting. Tidak. Sekolah itu penting. Namun yang harus dirubah saat ini adalah, kita harus mempunyai pola pikir yang maju sesuai dengan perkembangan zaman. Ada banyak hal lain yang penting yang bisa kita dapatkan di luar sekolah. Sekolah adalah ladang mencari ilmu. Di luar sana masih banyak cara belajar yang bisa membawa kita ke keberhasilan.

Leave a comment

Filed under Quotes

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s