Wejangan Sunan Kalijaga tentang Pacul

Image

(1)Doran (2) – (3) Pacul (4) Bawak

Wejangan Sunan Kalijaga tentang Pacul atau Cangkul yang diberikan kepada Ki Ageng Selo menarik untuk dikaji. Wejangan yang tampaknya sederhana ini ternyata bermakna mendalam. Pacul atau cangkul merupakan senjata atau alat utama para petani di Indonesia. Senjata yang ampuh digunakan untuk mengolah tanah menjadi lahan pertanian. Menurut wejangan Sunan Kalijaga, pacul terdiri dari 3 (tiga) bagian:

  1. Pacul (bagian yang tajam)
    Pacul berasal dari kata “ngipat ake barang kang mecucul” atau membuang bagian yang menonjol. Arti dari kata ini sifatnya memperbaiki. Sebagai umat manusia kita haru selalu berbuat baik dan selalu memperbaiki hidup kita yang penuh dosa dan salah. Maka seperti halnya Pacul yang baik, yangkuat dan tajam, kita juga harus mempunyai iman dan pikiran yang tajam untuk berbuat kebaikan.
  2. Bawak (lingkaran, tempat batang Doran atau tempat gagang pacul)
    Bawak berasal dari kata “obahing awak” atau bergeraknya tubuh. Maksudnya sebagai seseorang yang hidup, kita wajib untuk selalu bergerak. Dengan bergerak tubuh akan menjadi sehat. Arti luasnya adalah bahwa manusia wajib selalu berikhtiar, seperti halnya bekerja untuk memperoleh nafkah dunia, dan bergerak mengerjakan ibadah/sholat untuk memperoleh nafkah batin.
  3. Doran (batang kayu untuk pegangan)
    Doran berasal dari kata “Donga marang Pangeran” atau berdoa kepada Tuhan. Maksudnya ialah kita manusia sebagai umat-Nya harus selalu berdoa kepada Alloh, karena doa menunjukkan kita tunduk kepada-Nya.

Dari ketiga bagian pacul ini dapat ditarik sebuah pelajaran bahwa hakekatnya, seorang manusia itu harus selalu memperbaiki diri, senantiasa berikhtiar, dan tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Leave a comment

Filed under Quotes

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s