Soropadan Agro Expo 2013

Soropadan Agro Expo 2013 akan digelar sebentar lagi. SAE merupakan gelaran tahunan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah. Pameran ini mempertemukan pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, pihak swasta serta masyarakat, khususnya di Jawa Tengah.

SAE 2013 akan digelar pada tanggal 15-19 Juni 2013 di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Tahun lalu, acara ini didatangi oleh ribuan pengunjung yang ingin menyaksikan pameran agrobisnis, pameran peternakan, alat-alat mekanis pertanian, dan produk-produk apa saja yang sedang naik daun di pasaran. Hal ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat, terutama petani yang ingin mencoba menanam komoditas-komoditas baru. SAE 2013 juga menjadi ajang bertemunya para pengusaha agrobisnis untuk dapat bekerjasama satu sama lain.

Di Soropadan Agro Expo 2013, pengunjung bisa melihat pameran mesin-mesin pertanian, mulai dari penanam benih padi, pemanen padi, dan pembajak sawah. Belum lagi pameran produk-produk andalan dari masing-masing kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ada pula pameran tentang peralatan pengolah pupuk, pengolah biogas dan teknologi ramah lingkungan lainnya.

Sebagai gambaran, SAE 2013 ini adalah ajang yang cukup besar dan ramai. Maka sebaiknya, apabila Sahabat ingin berkunjung kesini, datanglah dari pagi hari supaya bisa menjelajah seluruh stand yang ada. Pengalaman tahun lalu, saya datang kesana pukul 11.00 WIB, akhirnya baru selesai pada pukul 18.00, dan tidak semua stand berhasil saya kunjungi. Maka khususkan waktu sehari penuh bila benar-benar ingin menikmati seluruh pameran yang ada.

Tahun lalu saya berkunjung kesana bersama sahabat-sahabat saya, Coco, Fahmi, Darmawan, dan Vivi. Seharian penuh berjalan-jalan disana, menikmati pameran yang ada, cukup membuat pikiran segar. Berikut ini beberapa foto waktu saya berkunjung ke Soropadan Agro Espo 2012.

Mesin penanam padi

Mesin penanam padi

Pameran hasil bumi

Pameran hasil bumi

Kambing etawa

Kambing etawa

Sayuran organik

Sayuran organik

3 Comments

Filed under Pertanian

3 responses to “Soropadan Agro Expo 2013

  1. cahyo adi leksana

    selamat malam , saya dari institut pertanian stiper yogyakarta , atas nama cahyo , ingin mengadakan agriculture training camp , dan ada beberapa hal yang ingin pertanyakan , di antaranya , luas areal kebun .? luas camping ground ,? dan fasilitas yang di sediakan , terutama MCK , kemudian agro learning , terimakasih dan selamat malam !

    • Maaf sebelumnya untuk saya sampaikan, saya bukan pengurus Soropadan Agro Center, cuma seorang penulis catatan harian saja. Silakan hubungi pihak sana saja, CP bisa dicari lewat internet. Saya dan keluarga memang mengelola kebun pepaya California di daerah Purwokerto, namun masih sebatas kebun biasa, belum ada camping ground-nya. Namun, kalau untuk sebatas penelitian sudah bisa. Terima kasih.

  2. Apresiasi pada tulisan pada arsip pertanian pada bulan Juli 23, 2013 dengan judul pengadaan daging di Indonesia.

    bersama ini saya menyarankan kepada pengelola jalan tools diseluruh indonesia /khususnya pt jasa marga supaya ikut peduli dengan kondisi perdagingan negara kita ini, dengan cara ikut berternak , dengan memnafaatkan rumput yang ada disekitar jalan tsb. untuk pakan ternak, syukur kl peternakan tsb bisa dikelola sendiri. Kalau belum ada yang kelola bisa bekerjasama dengan swasta. potensi rumput yang setiap hari dipotong itu kan bisa untuk pakan ternak ? tinggal dibuat data ukur berapa potensi yang ada….kan lumayan, kalau gak bisa saya mau mengelola kok, shering profit gitu ? Gmn gan ?

    Priyanto., malang

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s