Kabar Tentang Kematianmu

Apabila datang kabar tentang kematianmu, apa yang hendak engkau lakukan? Meninggalkan pekerjaanmu saat ini, lalu menjadi rajin pergi ke masjid? Meninggalkan tanggung jawabmu pada keluarga, pada bawahan dan atasan di tempat engkau bekerja. Atau tetap acuh, dan tetap melanjutkan aktivitasmu seperti biasa, atau bahkan semakin bermaksiat karena besok sudah tidak ada waktu lagi.

Apabila datang kabar tentang kematianmu, akankah engkau akan menyedekahkan semua hartamu? Memberikan segala hal yang engkau punya, padahal selama ini engkau merebut harta dari mereka yang berhak. Atau engkau akan mewariskan semua harta kepada istri dan anakmu, karena engkau takut Alloh tidak akan menjamin hidup mereka.

Apabila datang kabar tentang kematianmu, akankah engkau akan bertobat menyesali diri? Mandi yang wangi, memakai pakaian yang terbaik, memakai misik yang paling harum, melangkah pasti menuju masjid, berdzikir, membaca al Qur’an, menunggu Izrail datang dan membawamu. Padahal selama ini, berdzikir, membaca al Qur’an, bahkan melangkah ke masjid pun jarang.

Sudahkah kita mempersiapkan bekal kita untuk mati? Ibarat akan menempuh sebuah perjalanan yang sangat jauh, sudahkah engkau yakin bahwa perjalananmu itu akan lancar dan aman? Yakinkah bahwa tidak akan merasa kelaparan, kehausan dan kepanasan sewaktu menempuh perjalanan itu?

Jangan menunggu sampai rambut memerak menjadi uban. Apabila kematian itu memiliki tanda, tompel di dahi misalnya, akankah engkau menunggu tanda itu datang? Sholat, bersedekah, dan berpuasa hanya ketika tanda itu datang? Harus disadari dan dicamkan bahwa mati itu tidak memiliki tanda, entah sepuluh detik lagi, semenit lagi, sejam lagi, tidak ada yang tahu. Karena ia tidak memiliki tanda, maka harus dipersiapkan. Karena ia datang tanpa mengetuk pintu, maka setiap saat kita harus siaga. 

Pesan Nabi tentang mati. Jangan takut mati karena mati pasti terjadi. Setiap insan pasti mati, hanya soal waktu.
Pesan Nabi tentang mati. Janganlah minta mati datang kepadamu. Dan janganlah engkau berbuat menyebabkan mati.
*Bimbo – Hidup dan pesan Nabi

Leave a comment

Filed under Quotes

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s