Sebanyak Tiga Kali

Pada suatu ketika, di sebuah dinding di suatu tempat ada sebuah tulisan bagus yang dipajang. Tulisan tersebut bisa menjadi bahan perenungan diri. Setiap manusia yang pernah hidup pasti pernah mengalami hal ini. Engkau pasti tahu apa yang dimaksud.

Sebelum engkau tumbuh dewasa, engkau akan mengalami yang namanya jatuh cinta sebanyak tiga kali. Bukankah ada orang yang bergonta-ganti pacar atau apalah sebutan lainnya, bukankah ia jatuh cinta lebih dari tiga? Iya, memang betul. Namun, ku pikir orang yang mengaku jatuh cinta berkali-kali tidaklah mengalami cinta yang sebenarnya. Coba renungkan sendiri.

Sekali, engkau akan jatuh cinta kepada sahabatmu sendiri. Engkau akan merusak persahabatan yang telah kalian bangun untuk selamanya. Keadaan ini akan mengajarkan siapa yang benar-benar merupakan sahabat sejatimu. Cara halusnya, diantara kalian manakah yang akan memilih antara persahabatan dan cinta pertama kali.

Kedua kali, engkau akan jatuh cinta kepada seseorang yang engkau percaya bahwa ia sempurna. Namun dari sana, engkau akan belajar bahwa tidak akan pernah ada orang yang sempurna. Dan engkau tidak harus diperlakukan secara tidak sewajarnya.

Ketiga kali, engkau akan jatuh cinta kepada seseorang yang ia benar-benar menyukaimu. Kondisi ini akan mengajarkan siapa engkau sebenarnya dan siapa yang engkau inginkan. Dan ketika engkau melalui itu semua, engkau akan belajar bahwa orang yang peduli terhadapmu adalah juga orang yang akan menyakitimu. Orang yang paling menyakitimu adalah juga orang yang paling engkau butuhkan.

Dari kesemuanya, engkau belajar bahwa cinta hanyalah sebuah konsepsi dan bukan hal yang bisa diartikan secara harfiah. Definisi cinta bagi setiap orang berbeda. Maka hal-hal yang engkau anggap sepele bisa saja menjadi cerita cinta yang rumit bagi orang lain. Sebaliknya, ceritamu yang rumit mungkin saja bagi orang lain adalah hal-hal bodoh yang seharusnya tidak perlu dipikirkan.

Leave a comment

Filed under Cerita Pribadi

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s