YOT Gathering – Fun Public Speaking with Astrid Gretty

Tuhan menciptakan manusia dengan penuh kesempurnaan. Segala hal di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan. Semua yang terjadi adalah karena memang kehendak dan rencana dari-Nya.

Axeline Astrid Gretty Waworuntu, atau biasa dipanggil Astrid adalah seorang mahasiswi semester II Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta. Sebagai seorang public speaker, khususnya sebagai seorang MC, ia memiliki segudang pengalaman. Kiprahnya di dunia public speaking dimulai ketika ia duduk di bangku kelas 3 SMP. Ia menjadi MC untuk acara pemilihan Duta Pariwisata di Kota Makassar. Ia juga menjadi seorang model, dan nyaris tanpa belajar dari siapapun alias otodidak. Ketika kelas 1 SMA ia hijrah ke Yogyakarta dan memulai lagi karirnya dari awal. Ia mengikuti kompetisi IM3 Academy dan terpilih sebagai satu-satunya peserta dari Jogja. Pada kesempatan yang lain ia juga memenangkan ajang kompetisi duta MovieBox. Ia dikontrak oleh MovieBox untuk menjadi seorang guest announcer di salah satu radio Star FM di Jogja. Tugasnya adalah mempromosikan MovieBox itu sendiri. Ketika kontrak dari MovieBox berakkhir, ia direkrut menjadi announcer di radio Jiz FM. Hingga akhirnya ia masuk kuliah tahun 2012 dan memutuskan memfokuskan kuliahnya. Kegiatannya selama ini, ia masih sering menjadi MC di beberapa event lokal maupun nasional di kota Jogja.

Bagi Astrid, untuk menjadi seorang public speaker, ia harus berani memulai. Jangan takut mencoba, ikutilah berbagai kompetisi yang ada, dan jangan lupa selalu belajar dan menambah jam terbang. Baginya, semua pekerjaan itu memiliki tantangan, tentunya sikap dirilah yang menentukan bagaimana tantangan itu dihadapi. Akan dianggapnya sebagai lawan yang harus dihindari atau berkawan dengan tantangan tersebut dan menjadikannya batu pijakan untuk bertumbuh.

Dalam hal mengatasi grogi, Astrid mengatakan bahwa grogi itu biasa. Semua orang pasti pernah mengalami grogi, bahkan bagi seorang MC terbaik pun. Grogi tidak bisa dihindari, tidak bisa dilawan, ia harus dilewati. Toh grogi hanya masalah waktu, kalau acaranya sudah selesai grogi itu pun akan hilang. Selain perasaan grogi, seorang MC juga pasti pernah melakukan kesalahan. Misalkan dalam suatu acara tidak boleh menyebut merk produk lain, dan ketika ia keceplosan, ia harus fair dan meminta maaf. Salah itu wajar, kalau sudah tahu ia salah tetapi tidak meminta maaf maka itu yang tidak wajar. Salah akan membuat diri menjadi semakin sadar bahwa ia tidak boleh mengulang kesalahan yang sama di kesempatan yang lain.

Dalam dunia public speaking, seorang public speaker tidak boleh mengenal rasa malu. Akan lucu jadinya apabila dalam suatu acara, seorang MC malu-malu menyapa audiens. Tentu ia harus aktif dan mampu menghidupkan suasana. Seorang public speaker juga harus pintar menjalin relasi dengan orang lain. Biasanya tawaran job juga datang dari temannya yang sedang membutuhkan jasa public speaker.

Astrid mengaku ia sering diperolok oleh teman-temannya. Apalagi ia seorang MC yang sudah mengisi banyak acara. Cemoohan mengenai dirinya yang perokok –karena suaranya yang berat ia dikira seorang perokok, dirinya yang suka minum minuman beralkohol, dan menyukai pergaulan bebas, ia sudah sering menerima. Namun ia mengaku ia tidak pernah melakukan hal-hal tersebut. Baginya, ia harus mampu mengikuti aliran air, namun ia juga akan berhati-hati agar jangan sampai terbentur batu karena aliran tersebut. Seorang public speaker harus pintar membawa diri agar jangan sampai terjerumus.

Di penghujung sharing-nya, Astrid mengatakan bahwa ketika seseorang menyukai suatu hal maka lakukanlah. Kalau memang ingin terjun di dunia public speaker, maka terjunlah. Dan apabila masih ragu-ragu, maka jangan teruskan. Ketika seseorang melakukan hal-hal yang ia sendiri pun masih ragu, maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

Untuk bisa berhubungan dengan Astrid, bisa follow >> @grettywaworuntu
Follow juga >> @YOT_Yogyakarta

Berikut adalah dokumentasi kegiatan YOT Gathering, Minggu 23 Juni 2013.

Foto bersama YOT Gathering - Fun Public Speaking

Foto bersama YOT Gathering – Fun Public Speaking

Para peserta begitu antusias mengikuti YOT Gathering

Para peserta begitu antusias mengikuti YOT Gathering

Astrid begitu bersemangat di acara YOT Gathering

Astrid begitu bersemangat membawakan materi Fun Public Speaking

1 Comment

Filed under Cerita Pribadi

One response to “YOT Gathering – Fun Public Speaking with Astrid Gretty

  1. Pingback: Tips Menjadi Seorang Public Speaking Profesional | Young On Top Yogyakarta

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s