Resensi Film: Film Jerman – Wintertochter

Film Jerman: Wintertochter

Film Jerman: Wintertochter

Director: Johannes Schmid
Writers: Michaela Hinnenthal, Thomas Schmid
Stars: Nina Monka, Ursula Werner, Leon Seidel
Genre: Drama
Duration: 90 menit
Year: 2011
Awards: German Film Award, Goldener Spatz: Childrens Film Award for best screenplay, Funf Seen Festival: Young Generation Award

Deskripsi Film

Kattaka yang berusia 12 tahun hidup berbahagia bersama orangtuanya di Berlin. Hingga pada malam Natal, seseorang dari Polandia menelpon ke rumahnya. Ibunya yang mengangkat telpon tersebut bercekcok. Hingga akhirnya, Kattaka menguping pembicaraan ayah dan ibunya di kamar mengenai penelpon tadi. Kattaka tahu, bahwa ternyata ia bukan anak kandung dari ayah yang ada di rumahnya kini. Kattaka marah besar kenapa ia tidak diberi tahu sejak lama. Kattaka pun ngambek sampai dua hari.

Berbekal informasi yang ia dapat dari ibunya –tentu saja setelah memaksanya, Kattaka bertekad menemui ayah kandungnya –yang ternyata seorang pelaut Rusia bernama Alexei . Alexei saat ini sedang berlabuh di Stettin, Polandia. Kattaka bersama Lene dan sahabatnya Knäcke, mereka bertiga berangkat menggunakan mobil menuju Stettin. Namun apa daya, setelah sampai di pelabuhan, ternyata kapal yang ditumpangi ayah kandungnya sudah berangkat.

Kattaka awalnya merasa sedih. Namun ia membulatkan tekad, ia mengajak Lene untuk melanjutkan perjalanana menuju Gdansk, kota di Polandia yang menghadap Laut Baltik. Lene menolak, ia masih begitu frustasi untuk mendatangi kota masa lalunya tersebut. Namun ia tak tega juga melihat Kattaka. Akhirnya mereka bertiga pun berangkat.

Sesampainya di Gdansk, mereka bertiga tidak diperbolehkan masuk ke pelabuhan. Kattaka bertekad untuk kembali esok hari. Mereka menginap di sebuah motel sederhana, disanalah ia bertemu dengan Waldek, orang yang membantunya masuk ke pelabuhan dan masuk ke kapal ayah kandungnya. Sesampainya di kapal ternyata pertemuan tersebut tidak sesuai dengan yang Kattaka harapkan. Ia sakit hati kepada Alexei. Kattaka sudah ingin mengajak Lene pulang. Namun Lene berkata tidak. Ada sebuah tempat yang ingin ia kunjungi. Kota masa lalunya, Allenstein, kota dimana dulu masa kecilnya direnggut karena perang dunia ke-2. Rupanya Lene begitu takut kembali ke Polandia karena ia tidak berani mengingat kembali masa lalunya yang kelam. Lene yang mengunjungi kota masa kecilnya tersebut mulai kembali menemukan semangatnya dan tidak takut lagi.

Kali ini tinggal Kattaka yang memberanikan diri untuk kembali menemui ayah kandungnya lagi. Ia kembali ke kapal Alexei. Di sisi lain, ayah dan ibunya dari Berlin menyusulnya. Hingga akhirnya ayah ibuny yang dari Berlin pun ikut bertemu dengan Alexei. Sebuah pertemuan yang akhirnya, ibu Kattaka yang sedang hamil harus melahirkan di kapal pengangkut kontainer tersebut. Pada akhirnya, Kattaka, ayah ibunya dari Berlin (Daniel dan Margarethe), Alexei,  Lene, Knäcke, dan Waldek mengakhiri drama tersebut dengan bahagia. Mereka akhirnya saling mengerti satu sama lain. Dan tentunya Waldek jatuh hati pada Kattaka.

***

Film ini menceritakan tentang sebuah kisah masa kini, masa lalu dan masa depan. Melintasi batas negara dan budaya, Jerman – Polandia – Rusia. Dengan lanskap Laut Baltik yang keras, salju yang nyaris mewarnai seluruh adegan film ini, dan kisah yang mengharukan, film ini bercerita banyak tentang kemanusiaan.

Masa lalu yang buruk pasti dimiliki setiap manusia mana pun. Namun masa lalu tersebut, apabila ia menghambat sebuah langkah, maka jangan bersikap benci terhadap masa lalu tersebut. Temuilah ia kembali, berdamailah dengan masa lalu, niscaya masa depanmu akan lebih baik.

2 Comments

Filed under Cerita Pribadi

2 responses to “Resensi Film: Film Jerman – Wintertochter

  1. Monic

    Sepertinya menarik film ini, tapi susah ya dapat link buat downloadnya…

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s