Manfaat Minum Susu Unta

Susu Unta

Susu Unta

Komposisi susu unta hampir mirip dengan ASI. Susu unta merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa. Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi. Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi.

Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile. Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut merupakan manfaat kesehatan susu unta.

  1. Manfaat Kesehatan Umum
    Beragam elemen gizi yang ada di susu unta mampu meningkatkan kesehatan secara umum dan kekebalan tubuh. Nutrisi dalam susu unta memperkuat tulang dan karena itu disarankan untuk orang yang menderita kekurangan kalsium dan gangguan tulang seperti osteoporosis. Minum susu unta juga bisa mengatasi berbagai masalah seksual seperti impotensi, kurangnya libido, dan menekan dorongan seksual berlebih.
  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Susu unta mengandung antibodi dan immunoglobulin sehingga membuat tubuh tahan terhadap berbagai penyakit. Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, alergi, dan beberapa jenis infeksi bakteri, jamur serta virus.
  3. Manajemen Diabetes
    Minum susu unta membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan terbukti bahwa susu unta mengandung insulin dan protein mirip insulin yang memiliki efek anti-diabetes. Uji klinis pada penderita dengan diabetes tipe 1 menunjukkan konsumsi harian 0,5 liter susu unta mengurangi kebutuhan untuk obat insulin dengan rata-rata 30%. Dengan demikian, konsumsi susu unta berpotensi mengurangi dosis insulin yang diperlukan untuk pasien diabetes.
  4. Pemulihan dari Autisme
    Pengujian dilakukan pada individu yang menderita autisme untuk membuktikan manfaat susu unta dalam menghilangkan komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan gangguan ini. Tesis penelitian Dr Yosef Shabo dan Dr Reuven Yagil menjelaskan bahwa susu unta tanpa beta kasein dan beta-laktoglobulin tidak merugikan penderita autis. Imunoglobulin dan protein protektif yang terkandung dalam susu unta dipercaya mampu membantu perkembangan otak. Hasil dari studi kasus membuktikan bahwa susu unta menunjukkan potensi memperbaiki keterampilan komunikasi dan fungsi otak anak autis.

Mengingat begitu banyak manfaat yang terkandung dalam susu unta, tentunya usaha ini layak dijadikan lahan bisnis. Namun, untuk membuka peternakan unta dibutuhkan daerah yang memiliki iklim kering dan gersang, seperti Arab Saudi, UEA, Kenya, dll. Di Indonesia, daerah yang berpotensi untuk dikembangkan mungkin di Nusa Tenggara.

Sumber: amazine.co
Setelah mengalami penambahan konten.

Leave a comment

Filed under Cerita Pribadi

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s