Komunitas telat mandi

Di dunia ini hampir semua orang pasti pernah menjalani ritual yang bernama telat mandi. Bukan hanya telat mandi namun juga tidak mandi selama seharian. Yang parah adalah para pendaki gunung, mereka bisa bertahan tidak mandi hingga 2-3 hari. Yang lebih parah lagi, penduduk di kawasan Afrika dan Timur Tengah, disana untuk minum saja susah, apalagi untuk mandi. Maka telat mandi bahkan tidak mandi adalah hal yang wajar. Di Jepang, USA, dan Eropa ritual mandi pun menjadi jarang dilakukan ketika musim dingin tiba. Lalu bagaimana dengan di Indonesia?

Komposisi masyarakat Indonesia secara status yang hobi telat mandi adalah mahasiswa. Mengapa bisa begitu? Karena mahasiswa terlalu sibuk mengerjakan tugas, begadang belajar untuk kuliah esok harinya, hingga waktu untuk mandi pun tidak ada. Disusul kemudian oleh karyawan perusahaan. Karena terburu harus berangkat ke kantor, alhasil mereka memilih telat mandi daripada harus telat masuk kantor dan dipotong gaji. Waktu pulang dari kantor, karena jalanan macet, waktu tiba di rumah/kost juga malam. Kondisi badan yang capek membuat karyawan ini langsung memilih tidur daripada mandi. Akhirnya dalam 1 hari mereka tidak mandi. Keesokan harinya pun mereka tidak mandi lagi karena harus berangkat ke kantor pagi-pagi. Ritual ini biasa terjadi selama seminggu penuh, biasanya si para pekerja di kawasan Jabodetabek, hehehešŸ˜›

Bila ditinjau secara geografis, masyarakat yang hobi telat mandi adalah masyarakat di Gunung Kidul, Nusa Tenggara, Dieng, Bandung, Kaliurang, Pagaralam, dan sebagainya. Ā Di Gunungkidul, saking telatnya mandi mereka bisa menunggu sampai berbulan-bulan sambil menunggu hujan datang. Di Nusa Tenggara juga begitu. Di Dieng, ritual telat mandi biasanya masih bisa ditolerir, masyarakat disana biasa mandi sehari sekali menjelang Duhur. Soalnya kalau mandi di pagi hari cuaca masih dingin, begitu pula waktu sore hari. Maka waktu terbaik untuk mandi adalah di siang hari. Begitu pula untuk masyarakat di kota lain yang tinggal di daerah pegunungan. hehehešŸ˜€

Bicara orang yang rajin mandi, nelayan adalah orang yang hobi mandi. Setiap saat ia akan mandi. Waktu mendorong perahu waktu berangkat melaut, ia akan mandi. Waktu pulang dari laut dan mendorong perahu ke garasi, ia juga mandi lagi. Sampai di rumah dan beristirahat ia akan mandi lagi. Rajin banget kan nelayan ini melakukan mandi?

Oh ya, ritual telat mandi biasanya berimbas pada kegiatan yang lain. Misalnya saja kamu telat mandi, maka bisa diprediksi kamu bisa telat berangkat sekolah, telat masuk kuliah, telat masuk kerja, bahkan telat sholat Jumat. Betapa ritual mandi begitu penting bagi semua orang. Jangan sampai kamu telat mandi dan telat datangĀ ngapelinĀ gebetan. Bisa-bisa kamu disalip sama sainganmu.

Ini tulisan guyon lho. Kalau kamu merasa tersindir karena kotamu disebut atau kelakuanmu memang seperti itu, maka sebaiknya kamu segera mandi. Buktikan bahwa kamu tidak hobi telat mandi. Patahkan anggapan orang yang bilang bahwa kamu jarang mandi. Itu penting.

Iseng-iseng berkelana ke linimasa, saya bertemu sebuah akun yang cukup unik, yaitu Komunitas Telat Mandi yang digawangi oleh @Prie_GS dengan akunnya @TelatMandi. Di akun ini, tweet lucu dan unik disajikan secara gratis. Saya coba copy-kan contoh tweet-nya. Semoga lucu.

Kunjungi linimasi @TelatMandi

Kunjungi linimasi @TelatMandi

Hayo, terakhir kapan kamu mandi?šŸ˜€

1 Comment

Filed under Sosial

One response to “Komunitas telat mandi

  1. Ada ada saja.
    Saya sehari mandi sekali. haha..

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s