Roqm #15 – Musim Panas Yang Benar-Benar Panas

Beberapa waktu terakhir ini (pasca Idul Fitri) Egypt dilanda suhu udara yang ekstrim. Suhu udara mencapai 35 °C di pagi hari dan 40-42°C di siang hari. Di sore hari pasca Ashar, suhu udara tidak turun bahkan bertahan pada angka 38-40°C. Bahkan saat malam, ketika tidur suhu berkisar 28-32°C. Badan mudah berkeringat dan cepat lelah bila kita beraktivitas di luar ruang.

Screenshot_2015-08-07-13-22-05[1]

7 August 2015   

Suhu pada musim panas bisa mencapai 40 C

8 August 2015

Kondisi yang panas ini membuat badan rentan sakit. Apalagi jika sebentar-sebentar kita keluar-masuk ruangan, pindah dari ruang ber-AC ke luar ruang yang panasnya aduhai. Lama-lama badan kita lemas, kepala pusing, dan berkunang-kunang. Beberapa tips agar badan tetap fit selama musim panas:

  1. Rajin minum air putih. Terasa haus atau tidak, tetap harus minum, minimal 200 ml air tiap 1 jam sekali. Pokoknya minum air putihnya jangan menunggu haus.
  2. Jangan sering keluar masuk ruang yang berbeda suhu. Maksudnya, kalau bekerja di ruang AC ya di dalam saja, jangan sering keluar-keluar. Semakin sering kita keluar ruang yang berbeda suhu, tubuh harus bolak balik menyesuaikan suhu, naik turun, alhasil kalau badan sedang tidak fit, ya KO.
  3. Makan makanan bergizi, perbanyak makan buah. Irit boleh tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan.
  4. Pergunakan hand body lotion sebelum berangkat beraktivitas. Gunanya apa? Agar kulit tetap lembab.
  5. Pergunakan kacamata hitam ketika berkendara di siang hari. Sinar matahari di musim panas amat menyilaukan mata. Jangan sampai menyesal, karena bila tidak berkacamata matanya lama-lama rusak. Kayak teman saya.

Kata orang Egypt, tahun 2015 ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Musim panas kali ini lebih panas dan tidak ada satu jeda 1 haripun suhu udara turun. Tapi untung saja, mulai hari Selasa kemarin, 18 Agustus 2015, suhu udara sudah mulai turun. Angin pun bertiup sepoi-sepoi. Malam hari angin segar bisa masuk ke rumah.

Semoga esok lebih segar lagi😀

Leave a comment

Filed under Cerita Pribadi

Silakan tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s